468x60
Breaking News
Loading...
Senin, 05 Maret 2012

Genggam beasiswa...

Senin, Maret 05, 2012
Nah pada kesempatan kali ini,
ana mau berbagi cara dan apa aja tentang beasiswa agar dapat Genggam beasiswa...

sebelumnya Apa itu beasiswa?


Beasiswa adalah bantuan yang diberikan oleh pihak tertentu kepada perorangan yang digunakan demi keberlangsungan pendidikan yang ditempuh (www.wikipedia.org).

BEASISWA menjadi tiket bagi para pelajar maupun mahasiswa dengan kemampuan ekonomi terbatas namun ingin mengenyam pendidikan setinggi mungkin. Terutama jika universitas impian tersebut berada di luar negeri yang membutuhkan biaya besar.

Namun, sebelum mengajukan beasiswa, kamu perlu mengetahui lebih dulu berbagai jenis beasiswa yang ditawarkan baik oleh instansi pemerintah maupun universitas yang bersangkutan. Pertimbangan selanjutnya adalah, apakah beasiswa tersebut menanggung seluruh biaya perkuliahan hingga lulus atau hanya sebagian. (source : http://www.e-campusradio.com)

Apa saja macam-macam beasiswa?

Jenis-jenis beasiswa kini bermacam-macam.

1) Full beasiswa (100% tuition reduction). Ini beasiswa yang paling diincar banyak orang, karena kalo kita bisa mendapatkannya, kita nggak akan pusing-pusing lagi mikirin gimana caranya bayar uang kuliah & makan. Ibaratnya kamu udah tinggal 'ongkang-ongkang kaki' aja karena semua biaya perkuliahan udah ditanggung pihak pemberi beasiswa. Nggak cuma itu, kamu juga akan mendapatkan uang saku buat jajan sehari-hari. Asik nggak tuh?

2) Beasiswa untuk meringankan biaya kuliah (tuition reduction). Beasiswa ini ditujukan bagi yang nggak menerima full beasiswa. Dengan beasiswa ini kamu bisa mendapatkan potongan biaya kuliah sebesar 60-75%, tergantung dari masing-masing pihak pemberi beasiswa.

3) Beasiswa yang diberikan secara berkala/rutin. Jenis beasiswa ini bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, misalnya untuk makan, bayar asrama, beli buku, dll. Besarnya tergantung dari masing-masing pihak pemberi beasiswa. Ada yang memberikan per bulan, ada juga yang per semester.

4) Beasiswa yang hanya diberikan sekali waktu. Jenis beasiswa ini biasanya diberikan pada mereka yang menjuarai perlombaan. Kebanyakan sih sekalian untuk promosi gitu..

5) Ikatan dinas kerja. Beasiswa ini diberikan pada mahasiswa berprestasi yang udah mengakhiri masa pendidikannya.


Selain beasiswa penuh dan parsial, beasiswa juga dapat digolongkan berdasarkan pihak penyedia. Program ini terbagi menjadi beberapa jenis yaitu berasal dari swasta, pemerintah, serta komunitas tertentu.

-Beasiswa dari pemerintah

Program ini ditawarkan oleh departemen atau lembaga pemerintahan. Di Indonesia, sejumlah kementerian pun memiliki program ini dan tidak terbatas ditujukan pada pegawai instansi tersebut. Contoh, beasiswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dan sebagainya.
contoh beasiswa nya adalah : beasiswa dipa.

-Beasiswa dari pihak swasta

Umumnya, program Coorporate Social Responsibility (CSR) di sejumlah perusahaan swasta di Indonesia saat ini menyasar bidang pendidikan. Tidak heran, banyak tawaran beasiswa yang bisa kamu ajukan. contohnya : Beasiswa data print.

-Beasiswa yang berasal dari negara maju dan donor internasional

Beberapa contoh beasiswa yang merupakan kerja sama Indonesia dengan negara lain, yaitu beasiswa ADS dari pemerintah Australia yang dikelola oleh Ausaid, beasiswa Chevening dari pemerintah Inggris yang dikelola British Council, beasiswa Fullbright pemerintah AS yang dikelola America Indonesia Exchange Foundation (Aminef), pemerintah Belanda melalui beasiswa yang dikelola Nuffic Neso (NEC), dan beasiswa Monbukagakusho dari pemerintah Jepang.

Beasiswa yang berasal dari komunitas, organisasi, atau yayasan

Program ini ditawarkan oleh komunitas, organisasi, atau yayasan tertentu dengan berbagai latar belakang, baik sosial, akademik, maupun keagamaan. Di Indonesia, beasiswa dari The Habiebie Center merupakan contohnya.

Mengenali dengan baik program beasiswa yang kamu ajukan sangat penting agar kamu dapat mempersiapkan dari jauh hari segala pendanaan yang belum ditanggung oleh pihak sponsor. Selain itu kamu dapat memahami dengan baik hak-hak serta kewajiban yang ada dengan pemberi beasiswa sehingga ketika terjadi pengingkaran, kamu dapat melaporkannya.

Sampai kapan masa berlaku beasiswa?

Masa berlaku beasiswa berbeda-beda sesuai dengan ketentuan dari masing-masing pihak pemberi beasiswa.

Syarat apa saja yang diperlukan untuk mendapatkan beasiswa?

gak mudah untuk mendapatkan beasiswa,
ada syarat yang perlu dilakukan atau dipenuhi dalam mendapatkan beasiswa.
Secara umu7m, syarat-syaratnya adalah :

1) Nilai Indeks Prestasi (GPA) Minimum 3.00. sobat harus belajar ekstra keras untuk bisa mendapatkan IP minimum 3. dan bukan hanya itu tetapi juga akan dilihat setiap semesternya. lebih mendapatkan poin untuk peserta penerima beasiswa dengan IP yang trafiknya naik.

2) Kemampuan berbahasa Inggris. Biasanya acuan yang dipakai adalah IELTS min. 6,5 atau TOEFL min. 500

3) Batasan umur. Batasan umur yang ditetapkan berbeda-beda, namun untuk maksimal umur sampai 35 tahun. Tapi semuanya juga tergantung pada tingkatan beasiswa yang kita ingin inginkan, misal akademi, BA, pasca sarjana, doktor)

4) Keadaan finansial. Kemampuan ekonomi seseorang juga turut memengaruhi layak tidaknya ia mendapatkan beasiswa. Tapi untuk mendapatkan beasiswa dengan alasan ini kamu juga harus memberi bukti-bukti otentik bahwa kamu berasal dari keluarga yang kurang mampu. Misalnya surat keterangan dari Pak RT/Lurah.

5) Formulir aplikasi. Formulir harus diisi selengkap-lengkapnya, sebenar-benarnya & sejelas-jelasnya. Sobat juga harus melampirkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Biasanya di formulir ini juga ada essay mengenai alasan mengapa kamu pantas mendapatkan beasiswa itu, atau topik lain yang ditentukan oleh pihak pemberi beasiswa. (source : http://decall29.com )

Nah... pada label atau kategori ini akan dilampirkan berbagai beasiswa,
semoga dapat bermanfaat,
Mari bersama-sama kita Genggam beasiswa...

0 comments:

Poskan Komentar

Berkomentar lah dengan yang sopan yang tidak mengandung unsur SARA, PORNOGRAFI, Dan TIDAK diperkenankan untuk PROMOSI selain Persetujuan dari ADMIN. Jika di lakukan, Maaf komentar akan DI HAPUS.

Untuk menggunakan Emoticon Komentar, Klik Emoticon yang akan di pasang. Akan muncul kode emoticonnya. Masukkan itu pada saat berkomentar. Terima Kasih
Follow Privacy Content Swalayan-ku.com

 
Toggle Footer